Grafik komputer
Merupakan proses untuk menciptakan suatu gambar
berdasarkan deskripsi obyek maupun latar-belakang yang terkandung pada gambar
tersebut. Bentuk sederhana dari grafika komputer adalah grafika komputer
2D yang kemudian berkembang menjadi grafika komputer 3D, pemrosesan
citra (image processing), dan pengenalan pola (pattern
recognition). Grafika komputer berperan dalam visualisasi dan virtual
reality.
Bagian dari grafika komputer meliputi:
- Geometri, mempelajari cara menggambarkan permukaan bidang
- Animasi, mempelajari cara menggambarkan dan memanipulasi gerakan
- Rendering, mempelajari algoritma untuk menampilkan efek cahaya
- Citra (Imaging), mempelajari cara pengambilan dan penyuntingan gambar.
Pengolahan Citra
Pengolahan Citra (Image Processing) merupakan proses memperbaiki kualitas
citra agar mudah diinterpretasi oleh manusia atau komputer. Teknik pengolahan
citra dilakukan dengan mentrasformasikan citra menjadi citra lain, misalnya:
pemanfaatan citra (image compression). Pengolahan citra merupakan proses
awal (preprocessing) dari komputer visi. Pengelompokkan data numerik dan
simbolik (termasuk citra) dilakukan secara otomatis oleh komputer agar suatu
objek dalam citra dapat dikenali dan diinterpreasi. Pengenalan pola adalah
tahapan selanjutnya atau analisis dari pengolahan citra.
Operasi Pengolahan Citra diantaranya:
·Perbaikan
kualitas citra (image enhacement) tujuan memperbaiki kualitas citra
dengan memanipulasi parameter-parameter citra.
·Pemugaran
citra (image restoration) tujuan menghilangkan cacat pada citra.
Perbedaannya dengan perbaikan citra : penyebab degradasi citra diketahui.
·Pemampatan
citra (image compression) tujuan citra direpresentasikan dalam bentuk
lebih kompak, sehingga keperluan memori lebih sedikit namun dengan tetap
mempertahankan kualitas gambar (misal dari .BMP menjadi .JPG).
·Segmentasi
citra (image segmentation) tujuan memecah suatu citra ke dalam
beberapa segmen dengan suatu kriteria tertentu. Berkaitan erat dengan
pengenalan pola.
·Pengorakan
citra (image analysis) tujuan menghitung besaran kuantitatif dari
citra untuk menghasilkan deskripsinya. Diperlukan untuk melokalisasi objek yang
diinginkan dari sekelilingnya.
·Rekonstruksi
citra (image recontruction) tujuan membentuk ulang objek dari
beberapa citra hasil proyeksi.
Citra ada 2 macam:
1. Citra Kontinyu.
Dihasilkan dari sistem optik yang menerima sinyal analog. Contoh: mata manusia,
kamera analog.
2. Citra Diskrit /
Citra Digital dibentuk dari pixel-pixel yang tergabung dalam satu kesatuan
yang membentuk sebuah citra yang hanya dapat dibuka dengan komputerisasi.
Tingkatan pengolahan citra digital :
1. Operasi titik
Operasi tingkat titik adalah operasi dimana hasil proses
dari suatu titik tidak tergantung oleh titik-titik tetangganya atau dengan kata
lain tergantung pada titik itu sendiri. Operasi biasanya digunakan untuk
kecerahan (brightness), kontras, negasi, mengubah citra warna menjadi
greyscale, dan tresholding.
2.Operasi tingkat
lokal
Operasi dimana hasil proses dari suatu titik tergantung
oleh titik-titik tetangganya atau dengan kata lain tergantung pada titik itu
sendiri. Contoh dari operasi ini misalnya konvolusi, deteksi tepi, penghalusan
citra, penajaman citra, pengurangan noise, dan efek timbul (emboss).
3. Operasi tingkat
global
Pada operasi ini semua bagian citra diperhitungkan
sehingga hasilnya tergantung pada karakteristik citra secara global. Operasi
ini misalnya digunakan untuk menyamakan histogram.
4. Operasi tingkat
objek
Pada operasi ini karakterisitik citra yang meliputi
ukuran, bentuk, dan intensitas rata-rata dihitung untuk mengenali objek yang
akan diproses
Grafik komputer merupakan salah satu ilmu yang dipelajari
di teknik informatika dan ilmu komputer. Aplikasi grafik komputer ini sangat
sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.
Adapun
perbedaan grafik komputer dan pengolahan citra. Grafik komputer adalah ilmu
yang mempelajari tentang suatu objek gambar. Sedangkan pengolahan citra adalah
mengolah sebuah citra lama sehingga menjadi citra baru.
Computer art adalah penggunaan komputer grafis untuk menghasilkan karya-karya seni.
Hasil dapat berupa kartun, potret, foto, layout media cetak, logo, lukisan abstrak, desain
interior atau eksterior, dan lain sebagainya. Contoh: Adobe Photoshop, Corel Painter, GIMP.
Video game adalah permainan yang melibatkan interaksi dengan user interface untuk
menghasilkan umpan balik berupa visualisasi pada perangkat video. Aplikasi banyak beredar
di pasaran mulai yang sederhana 2 dimensi, seperti tetris, hingga yang rumit, 3 dimensi, dan
memerlukan resource banyak, seperti game sepakbola Winning Eleven. Dari yang yang
standalone hingga online network, seperti Ragnarok. Dari PC, console, hingga mobile
devices.
Gambar Video game menggunakan grafika komputer.Gambar ini adalah
permainan tertris dan permainan sepakbola.
5.Computer-Aided Design (CAD)
CAD adalah alat bantu berbasis komputer yang digunakan dalam proses analisis dam desain,
khusunya untuk sistem arsitektural dan engineering. CAD banyak digunakan dalam
mendesain bagunan, mobil, pesawat, komputer, alat-alat elektronik, peralatan rumah
tangga, dan berbagai produk lainnya.
8. Visualisasi Data
Contoh pengolahan citra dalam kehidupan sehari – hari :
1.Bidang kesehatan, digunakan untuk rontgen tubuh manusia yang berfungsi untuk mengetahui ada atau tidaknya kelainan di tubuh.
2.Bidang visual, bisa digunakan untuk pemotretan lewat satelit, GPS, foto kamera dan lain-lain
3.Mikroskop elektron adalah salah
satu contoh dari pengolahan citra dalam bidang kedokteran, yang di
maksud dengan mikroskop elektron adalah sebuah mikroskop yang dapat
memperbesar detail sangat kecil dengan kekutan sehingga menyelesaikan
tinggi akibat penggunaan elektron sebagai sumber penerangannya.
Pembesaran dalam hal ini di tingkat hingga 2.000.000 kali. Adapun
kegunaan dari mikroskop elektron yaitu digunakan dalam patologi
anatomi. Patologi anatomi ini berfungsi untuk mengindentifikasi organel
dalam sel namun kegunaanya telah sangat dikurangi dengan
immunhistochemistry tetapi masih tak tergantikan untuk diagnosis
penyakit ginjal, identifikasi sindrom silia immotile dan banyak
tugas-tugas lainnya.
Contoh aplikasi lainnya :
* pemetaaan tutupan lahan dan pendeteksian perubahan lahan
* penilaian pertanian dan monitoring
* manajemen pantai dan sumber daya laut
* explorasi mineral
* explorasi minyak dan gas
* manajemen sumber daya hutan
* perencanaan kota dan pendeteksian perubahan lahan kota
* pemasangan dan perencanaan telekomunikasi
* oseanografi fisik
* pemetaan topografis dan geologis
* pemetaan dan pendeteksian es laut
Sumber 1
Sumber 2
Contoh Grafik komputer dalam kehidupan sehari – hari :
1.Bidang hiburan,misalkan pada film grafik komputer menghasilkan efek animasi yang baik.
CONTOH KARYA ANIMASI DALAM SEBUAH FILM
2.Bidang Pendidikan
Grafik
komputer pada pendidikan digunakan untuk mempresentasikan objek-objek
pada siswa secara nyata, dapat melalui power point ataupun software
lainnya.
CONTOH SEBUAH PRESENTASI
3.Computer Art
Computer art adalah penggunaan komputer grafis untuk menghasilkan karya-karya seni.
Hasil dapat berupa kartun, potret, foto, layout media cetak, logo, lukisan abstrak, desain
interior atau eksterior, dan lain sebagainya. Contoh: Adobe Photoshop, Corel Painter, GIMP.
4.Video Game
Video game adalah permainan yang melibatkan interaksi dengan user interface untuk
menghasilkan umpan balik berupa visualisasi pada perangkat video. Aplikasi banyak beredar
di pasaran mulai yang sederhana 2 dimensi, seperti tetris, hingga yang rumit, 3 dimensi, dan
memerlukan resource banyak, seperti game sepakbola Winning Eleven. Dari yang yang
standalone hingga online network, seperti Ragnarok. Dari PC, console, hingga mobile
devices.
Gambar Video game menggunakan grafika komputer.Gambar ini adalah
permainan tertris dan permainan sepakbola.
CAD adalah alat bantu berbasis komputer yang digunakan dalam proses analisis dam desain,
khusunya untuk sistem arsitektural dan engineering. CAD banyak digunakan dalam
mendesain bagunan, mobil, pesawat, komputer, alat-alat elektronik, peralatan rumah
tangga, dan berbagai produk lainnya.
Contoh aplikasinya: AutoCAD.
6.Computer-Aided Sofware Engineering (CASE)
CASE mirip dengan CAD tetapi digunakan dalam bidang sofware engineering. CASE digunakan Dalam memodelkan user requirement, pemodelan basisdata, workflow dalam proses bisnis, struktur program, dan sebagainya. Contoh aplikasi: Rational Rose, SyBase Power Designer.
CASE mirip dengan CAD tetapi digunakan dalam bidang sofware engineering. CASE digunakan Dalam memodelkan user requirement, pemodelan basisdata, workflow dalam proses bisnis, struktur program, dan sebagainya. Contoh aplikasi: Rational Rose, SyBase Power Designer.
7. Virtual Reality
Virtual Reality adalah lingkungan virtual yang seakan-akan begitu nyata di mana user dapat Berinteraksi dengan objek-objek dalam suasana atau lingkungan 3 dimensi. Perangkat keras khusus digunakan untuk memberikan efek pemadangan 3 dimensi dan memampukan user beriteraksi dengan objek-objek yang ada dalam lingkungan. Contoh: aplikasi VR parachute trainer yang digunakan oleh U.S. Navy untuk latihan terjun payung. Aplikasi ini dapat memberikan keutungan berupa mengurangi resiko cedera selama latihan, mengurangi biaya penerbangan, melatih perwira sebelum melakukan terjun payung sesungguhnya.
Virtual Reality adalah lingkungan virtual yang seakan-akan begitu nyata di mana user dapat Berinteraksi dengan objek-objek dalam suasana atau lingkungan 3 dimensi. Perangkat keras khusus digunakan untuk memberikan efek pemadangan 3 dimensi dan memampukan user beriteraksi dengan objek-objek yang ada dalam lingkungan. Contoh: aplikasi VR parachute trainer yang digunakan oleh U.S. Navy untuk latihan terjun payung. Aplikasi ini dapat memberikan keutungan berupa mengurangi resiko cedera selama latihan, mengurangi biaya penerbangan, melatih perwira sebelum melakukan terjun payung sesungguhnya.
8. Visualisasi Data
Visualisasi
Data adalah teknik-teknik membuat image, diagram, atau animasi untuk
Mengkomunikasikan pesan. Visualisasi telah menjadi cara yang efektif
dalam mengkomunikasikan baik data atau ide abstrak maupun nyata sejak
permulaan manusia. Contoh: visualisasi dari struktur protein, strutur
suatu website, visualisasi hasil data mining.
1.Bidang kesehatan, digunakan untuk rontgen tubuh manusia yang berfungsi untuk mengetahui ada atau tidaknya kelainan di tubuh.
CONTOH GAMBAR RONTGEN
CONTOH GAMBAR YANG DI AMBIL OLEH SATELITE
Contoh aplikasi lainnya :
* pemetaaan tutupan lahan dan pendeteksian perubahan lahan
* penilaian pertanian dan monitoring
* manajemen pantai dan sumber daya laut
* explorasi mineral
* explorasi minyak dan gas
* manajemen sumber daya hutan
* perencanaan kota dan pendeteksian perubahan lahan kota
* pemasangan dan perencanaan telekomunikasi
* oseanografi fisik
* pemetaan topografis dan geologis
* pemetaan dan pendeteksian es laut
Sumber 1
Sumber 2
No comments:
Post a Comment