Sunday, October 27, 2013

Membuat Program Identifikasi Satuan Geometri serta Phytagoras Dengan JAVA

Tugas Algoritma & Pemrograman 3 

RAFI SUKRAN        (25112881)
RIZKY BUDIMAN      (26112551)
RIZKY MARHAENDRA R (26112612)
TOMY MINTANA       (27112428)

          Sebelum memulai membuat suatu program alangkah baiknya kita sedikit mereview dahulu tentang java. Berikut ini adalah penjelasan dari file stream network,network stream,public,dan protected pada java.
 
1. Public pada JAVA
 
    Setiap kelas lain dapat mengakses public lapangan atau metode. Selanjutanya, kelas-kelas lain dapat memodifikasi public bidang kecuali lapangan dinyatan sebagai : 

  • Hal ini digunakan sebagai pengubah kontrol akses.
  • Hal ini berlaku untuk kelas, metode atau lapangan.
  • Public class, metode atau cariabel yang terlihat untuk semua kelas didefinisikan dalam paket yang berbeda.
  • Sebuah kelas publik, metode atau lapangan dapat dirujuk dari luar kelas dimana ia dinyatakan.
2. Protected
   Hanya bisa digunakan untuk class tersebut dan class turunannya yang dapat menggunakan object dengan modifier tersebut. Protected adalah Class member dapat diakses didalam package yang sama dan sub classnya. Subclass dapat berada di paket yang berbeda subclasssnya akan mewarisi member variabel.

Contoh:

class Murid{

  protected String nama;



  protected String kata(){
  
     return "saya adalah pelajar";

   }
  
   }

3. Private

     Private digunakan apabila object tersebut diperuntukan hanya untuk class tesebut dan tidak ada class lain yang diizinkan untuk menggunakan object tersebut.

Contoh:

class Murid {

  private String nama;



  private String kata() {
    
    return "saya adalah pelajar"

  }

  }




Contoh program:

Berikut ini adalah pemprograman java dengan menggunakan netbeans,di program ini kami akan membuat sebuah program tentang satuan geometri  Untuk codingnya sebagai berikut:

/*

 * To change this template, choose Tools | Templates

 * and open the template in the editor.

 */

package polymorphismtoyjava2;



/**

 *

 * @author rafdengdong

 */

public class PolymorphismToyJava2 {

        static void test(){

        RectangleToy theRectangle = new RectangleToy(500,350);

        SquareToy theSquare = new SquareToy(400);

        CircleToy theCircle = new CircleToy(300);

printGeometry(theRectangle);

        printGeometry(theSquare);

        printGeometry(theCircle);

     }





    /**

     * @param args the command line arguments

     */

    public static void main(String[] args) {

        test();

    }



    static void printGeometry(GeometryToy theG) {

    System.out.println("======================================");

    System.out.println("Geometry          :"+theG.getGeometry());

    System.out.println("Luas geometri     :"+theG.area());

    System.out.println("Keliling geometri :"+theG.circumference());

 }

}



abstract class GeometryToy{

    abstract public String getGeometry();

    abstract public double area();

    abstract double circumference();

}



class RectangleToy extends GeometryToy{

    double width,height;

    public RectangleToy(double newWidht, double newHeight){

        width = newWidht;

        height = newHeight;

    }

public String getGeometry(){

    return "Persegi Panjang";

    }

public double area() {

    return width * height;

}

public double circumference (){

    return 2 * (width + height);

 }

}



class SquareToy extends GeometryToy {

    double side;

    public SquareToy (double newSide){

        side = newSide;

   }

    public String getGeometry() {

        return "Bujur Sangkar";

 }

    public double area() {

        return side * side;

    }

    public double circumference(){

        return 4 * side;

    }

}

class CircleToy extends GeometryToy {

    final double PI=3.14159;

    double radius;

    public CircleToy (double newRadius) {

        radius = newRadius;

   }

    public String getGeometry() {

        return "Lingkaran";

    }

    public double area () {

        return PI * radius * radius;

    }

    public double circumference () {

        return 2.0 * PI * radius;

    }

}



        // TODO code application logic here

    }

}



Jika sudah menuliskan coding, lalu di run dgn menekan tombol F6 pada keyboard, dan akan muncul output seperti berikut : 

sekarang kami akan membuat sebuah program tentang satuan phytagoras. Untuk codingnya sebagai berikut:
/*
 * To change this template, choose Tools | Templates
 * and open the template in the editor.
 */
package PhytagoreanTripletToy;

/**
 *
 * @author rafdengdong
 */
public class phytagoreantriplettoy {
    private int number=0;
    private int numberOfTriplet=0;
    final int MAX_OF_TRIPLETS = 100;
   
    private int[] tripletA = new int [MAX_OF_TRIPLETS];
    private int[] tripletB = new int [MAX_OF_TRIPLETS];
    private int[] tripletC = new int [MAX_OF_TRIPLETS];
    
    public PhytagoreanTripletToy(int number) {
        this.number = number;
        bruteForce();
    }
    public int getNumberOfTriplet() {
        return numberOfTriplet;
    }
    public int getNumber() {
        return number;
    }
    public void bruteForce () {
        for (int i=1;i<=number;i++) {
            for (int j=1;j<=number;j++) {
                for (int k=1;k<=number;k++) {
                    if (i*i == (j*j + k*k)) {
                        tripletA[numberOfTriplet] = i;
                        tripletB[numberOfTriplet] = j;
                        tripletC[numberOfTriplet] = k;
                        numberOfTriplet++;
                        if (numberOfTriplet == MAX_OF_TRIPLETS) return;
                    }
                }
            }
        }
    }
    public String toString() {
        String str="";
        for (int i=0;i<numberOfTriplet;i++)
            str += tripletA[i]+"\t"+tripletB[i]+"\t"+tripletC[i]+"\n";
        return str;
    }
    static void test () {
        System.out.println(new PhytagoreanTripletToy(10));
    }
    public static void main(String[] args) {
        test();
    }

}

Jika sudah menuliskan coding, lalu di run dgn menekan tombol F6 pada keyboard, dan akan muncul output seperti berikut :


sedikit ulasan tentang.......:

FOR adalah sebuah anggota dari 3 anggota struktur perulangan. FOR mempunyai 2 saudara yaitu While dan Do-While.
Mari kita lupakan sejenak kedua saudaranya si FOR, karena pada kesempatan ini kita hanya akan fokus pada perulangan FOR saja.

 
Class merupakan suatu cetakan untuk menciptakan suatu instant dari  object. class juga merupakan grup suatu object dengan kemiripan attributes/properties, behaviour dan relasi ke object lain.
Contoh : Class Person, Vehicle, Tree, Fruit dan lain-lain.
 
IF atau percabangan pada java dibagi terdiri dari:
1.    Statement If
2.    Statement If-else
3.    Statement If-else-if
4.    Statement Switch case

No comments:

Post a Comment